HumasTGD - Setiap perusahaan memiliki standar operasional prosedur yang mengikat karyawan agar bekerja secara profesional. Standar operasional prosedur yang biasa disingkat SOP menjadi salah satu pedoman yang digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. SOP yang baik tentunya memliki alur kerja yang jelas dan mudah dipahami oleh siapa pun.Tak sedikit organisasi yang memiliki kesulitan terkait cara membuat SOP di perusahaan. Tak heran apabila alur kerja di perusahaan mengalami hambatan dan sering kali memunculkan masalah baru dalam internal kantor. Oleh sebab itu diperlukan informasi terkait bagaimana cara membuat SOP perusahaan yang efektif dan efisien. Apa itu Standar operasional prosedur SOP suatu perusahaan? Dikutip dari Hubspot, standard operating procedure (SOP) adalah daftar instruksi berisi langkah demi langkah yang merinci bagaimana menjalankan prosedur rutin. SOP di perusahaan berguna untuk sarana komunikasi dan produktivitas. SOP yang biasa digunakan manajer dapat menghemat waktu untuk melatih karyawan baru. SOP di perusahaan dibagikan oleh manajer atau karyawan senior kepada karyawan baru. SOP perusahaan akan selalu memiliki titik referensi untuk petunjuk langkah demi langkah tentang cara menjalankan tugas tertentu. Tujuan Membuat SOP Perusahaan Perusahaan memerlukan standar operasional agar kinerja dan alur kerja dapat berjalan sebagai mana mestinya. Ada banyak tujuan dari pembuatan SOP perusahaan antara lain: Membantu perusahaan dalam membuat peraturan untuk karyawan SOP digunakan perusahaan untuk mengatur para karyawannya. SOP berisi langkah-langkah dalam menjalankan tugasnya selama bekerja. SOP perusahaan bisa membantu perusahaan membuat peraturan dan sanksinya apabila melanggar. Membantu karyawan untuk memahami peraturan beserta tugas di perusahaan SOP dapat memudahkan karyawan untuk mengetahui tugas utama dan batasan pekerjaan sesuai dengan posisinya masing-masing. Memudahkan perusahaan dalam memenuhi target Langkah-langkah yang terangkum dalam dokumen SOP bertujuan untuk mendukung perusahaan dalam mencapai target perusahaan. Memudahkan karyawan baru dalam bekerja SOP berisi dokumen yang mampu menjelaskan tentang alur kerja dari sebuah posisi. Dengan begitu, seiring perkembangan dan pergantian karyawan, SOP bisa membuat karyawan tetap memahami peraturan maupun cara kerja dan fungsi jabatannya di perusahaan. Mencegah atau mengurangi adanya kesalahan fatal dalam perusahaan SOP perusahaan dibuat untuk mencegah adanya kelalaian prosedur atau kesalahan dalam menjalankan tugas. SOP dibuat sesuai standar keamanan dan keselamatan para pekerjanya. Baca Juga : Penggunaan Skala Likert untuk Penelitian Fungsi SOP dalam Perusahaan Pembuatan standar operasional prosedur memiliki tujuan yang baik bagi perusahaan maupun karyawan. Keberadaan SOP sendiri mempunyai fungsi tersendiri di perusahaan. Fungsi dokumen SOP dalam perusahaan lebih jauh sebagai berikut: SOP perusahaan menjadi acuan kinerja karyawan SOP perusahaan menjadi pedoman hukum dan aturan SOP perusahaan sebagai pedoman berisi informasi soal ketugasan Ingin karyawan dapat memahami SOP dengan baik? Jika iya, maka perusahaan perlu melakukan pelatihan agar karyawan dapat bekerja dengan alur yang efektif dan efisien.
Bingung Membuat SOP Perusahaan untuk Menghasilkan Alur Kerja yang Efektif Mahasiswa Wajib Baca ini

