HumasTGD - Marketing sangat penting dan itu tidak bisa diragukan lagi. Peranan seorang Marketer di sebuah perusahaan atau lebih menyangkut keberlangsungan perusahaan untuk bertahan dengan menjangjau konsumeyatau pelanggan. Di dalam dunia marketing, konsumen bisa bebas untuk memilih produk dari brand mana saja dan menukarnya dengan uang atau dapat menukar produk dengan produk sendiri.
Fungsi dari marketing salah satunya yaitu sebagai distribusi fisik dengan cara memindahkan produk dengan diangkut dan menyimpan produk tersebut. Produk-produk yang telah dimiliki oleh perusahaan akan didistribusikan kepada para konsumen. Baik melalui laut, udara, atau darat. Dalam hal tersebut, penyimpanan produk dilakukan supaya produk tetap terjaga pasokannya di pasar. Sehingga tidak akan terjadi kelangkaan ketika dibutuhkan oleh konsumen.
Untuk dapat memberikan produk hingga ke tangan konsumen, seorang marketinglah yang akan menghubungkannya dari pihak produsen ke pihak konsumen. Fungsi lain dari marketing tak hanya sebagai pertukaran, perantara, ataupun distribusi fisik saja. Tapi masih ada fungsi lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing handal berdasarkan manajemen pemasarannya, antara lain:
1. Marketing Sales
Tugas utama dari marketing sales adalah menghasilkan penjualan dari produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan memperoleh keuntungan dari setiap produk yang dijual.
2. Marketing Promosi
Marketing mempunyai tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada para calon konsumen secara umum supaya produk yang ditawarkan bisa lebih terkenal.
3. Marketing Riset dan Pengembangan
Marketing mempunyai tugas untuk mencari sebuah informasi dari sebuah produk yang diperlukan oleh konsumen. Selain itu, marketing juga perlu melakukan pengembangan produk yang sudah ada. Kemudian melaporkannya kepada perusahaan supaya segera dilakukan perbaikan atau tindal lanjut.
4. Marketing Communication
Marketing mempunyai tugas untuk membuat hubungan baik antara produsen dan konsumen, perusahaan dan masyarakat sekitar, dan perusahaan pada pihak yang berkaitan dengan bisnisnya.
Ingin menjadi seorang marketing atau disebut nya Marketer yang andal? Menjadi seorang marketing andal dan sukses tentu akan sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis. Sebab, marketing mempunyai fungsi untuk mencari, memperoleh, mempertahankan, dan juga memperbanyak pelanggan serta menguasai pasar. Sementara berapa banyaknya pelanggan yang berhasil digaet oleh marketer sebuah perusahaan tentu hal itu menjadi penentu besar kecilnya pemasukan.
Lalu apabila semakin besar pemasukan yang diperoleh, maka perusahaan akan lebih mudah untuk berkembang dan berlaku juga sebaliknya. Berikut ini adalah beberapa cara menjadi marketing andal yang bisa diterapkan:
1.Membuat Strategi Beserta Target Konsumen
Strategi seorang marketing handal harus bisa membuat sebuah konsep promosi yang dapat menarik perhatian konsumen. Contoh yang paling sederhana dan biasa adalah dengan memberikan potongan harga, memberikan bonus untuk pelanggan atau konsumen yang melakukan banyak transaksi dan membuat undian berhadiah untuk program event khusus.
Kegiatan promosi yang benar adalah dengan melibatkan langsung para calon pelanggan sebagai pesertanya guna membangun loyalitas. Contoh nya mengadakan sebuah acara atau event gerak jalan yang bersponsor atau mengadakan event live music yang disertai dengan pengenalan produk. Sedangkan target yang jelas merupakan sebuah poin penting supaya bisa memahami segmen pasar.
2. Memahami Produk Knowledge
Seorang konsumen akan percaya pada seorang marketer jika informasi yang disampaikan pada konsumen bisa dijelaskan dengan detail dan mudah untuk dipahami. Untuk membuat konsumen yakin memang tidak mudah. Maka dari itu, sebagai seorang marketer harus memahami dan menguasai barang atau jasa yang ditawarkan.
Sampaikan informasi yang akurat dan jelas tentang kelebihan serta kualitas produk dibandingkan dengan produk kompetitor. Tapi, jangan pernah menutupi kekurangan dari produk tersebut. Tapi gunakanlah bahasa yang bisa menggambarkan bahwa seolah-olah kekurangan tersebut masih bisa diatasi dengan opsi lain.
3. Mengetahui Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen terdiri dari hal-hal yang bisa kita ketahui melalui karakter konsumen yang akan menjadi target market. Misalnya, komunitas anak, pria, wanita, remaja, maupun masyarakat umum pastinya harus bisa dibedakan secara lebih detail. Bahkan tentang kalangan ekonomi atas dan ekonomi bawah.
Cara paling efektif untuk mengetahui perilaku konsumen, kwajib bisa dan sanggup untuk terjun langsung berbaur dengan mereka untuk beberapa saat. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu kunci mengetahui apa minat dan juga kebutuhan dari para calon konsumen.
4. Memperluas Jaringan Bisnis
Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan koneksi yang cukup luas supaya mempermudah dalam mendapatkan informasi yang akurat. Peluang apapun bisa diperoleh dengan cepat jika mempunyai jaringan atau koneksi bisnis yang luas. Misalnya saja masalah permodalan, peluang bisnis yang baru, strategi pemasaran yang efektif.
Peran dari para ahli marketing dalam hal tersebut yaitu bisa berkomunikasi dengan baik dengan siapa saja dan dari segala macam komunitas walaupun awalnya pasti sangat sulit. Apapun alasannya, semakin luas koneksi bisnis yang dibangun, maka semakin luas juga peluang uang akan tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru.
5. Memperhatikan Respon Konsumen
Respon dari pelanggan memang akan selalu berbeda terhadap produk yang ditawarkan oleh seorang marketer. Jika memperoleh respon yang baik dari pelanggan, jangan pernah lupa untuk menjadikannya sebuah testimoni supaya bisa diserap oleh para calon pelanggan baru.
Hal tersebut nantinya akan menjadi bukti nyata terkait kualitas produk. Namun jika mendapatkan respon yang buruk, maka jadikan hal itu sebagai bahan evaluasi dan strategi untuk membenahi teknik promosi serta pemasaran yang sedang dilakukan.
6. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
Kegiatan dari seorang marketer tidak akan luput dari berbagai macam rintangan dan juga hambatan. Sudah banyak orang yang gagal dan tidak sanggup untuk menghadapi situasi tersebut. Dikejar target oleh pihak perusahaan dan memperoleh penolakan dari banyak pelanggan hanyalah bagian yang paling umum dan harus siap dihadapi.
Diluar dua masalah di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali rintangan lainnya untuk seorang marketing yang harus diantisipasi. Marketer harus siap secara mental, tanggung jawab, ekonomi pribadi, dan lainnya. Supaya bisa menjadi seorang marketer andal, memang harus mempunyai sikap optimis dan percaya diri saat menghadapi berbagai karakter konsumen. Tapi jangan pernah memaksakan diri di luar kemampuan supaya tidak terlalu hancur saat mengalami kegagalan.
7. Mempunyai Teknologi yang Mendukung
Apapun jenis pekerjaannya, pasti membutuhkan alat komunikasi dan juga transportasi untuk mendukung mobilitasnya. Di era digital oni, para ahli marketing minimal mempunyai gadget yang memadai sebagai sarana menjalin hubungan baik dengan para konsumen atau digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih aktual.
Contoh yang paling umum adalah dengan mempunyai smartphone. Dimana media tersebut juga bisa mendukung promosi melalui internet. Bicara soal strategi marketing, kemampuan untuk memasarkan sesuatu merupakan skill yang akan selalu dibutuhkan semua sektor dari waktu ke waktu termasuk keahlian dalam memanfaatkan IT. Maka, tidak heran jika saat ini banyak orang yang berbondong-bondong mempelajari ilmu pemasaran.
8. Berpedoman pada Data dan Piawai Menganalisa
Zaman sekarang, segala sesuatu harus berbasis pada data. Termasuk dalam kegiatan marketing, setiap keputusan yang akan dijalankan harus melalui riset mendalam dari data-data yang dimiliki lalu dianalisa. Seorang marketer harus paham betul tentang data-data marketing sehingga bisa mempergunakannya secara bijak.
Di samping itu, perlu diingat juga bahwa data-data tersebut senantiasa berkembang sehingga setiap waktu perlu diperbarui dan dianalisa. Menjaring data-data dari konsumen maupun calon konsumen melalui berbagai cara, mulai dari menyebar kuesioner, mengadakan giveaway, wawancara langsung, dan sebagainya.
9. Menguasai Berbagai Tools Marketing
Seiring berkembangnya zaman, tools dalam dunia marketingjuga kian berkembang. Maka, jika ingin menjadi marketer andal, harus senantiasa mengikuti perkembangan tersebut. Jika dahulu brosur, pamflet, dan sebagainya cukup populer sebagai tools pemasaran, zaman sekarang sudah bergeser ke arah digital.
Konten-konten berupa meme atau video di media sosial kini jauh lebih diminati. Jika tak mau beralih ke media-media modern ini, jangan harap menjadi pemasar andal, kecuali jika target market memang masih lebih akrab dengan tools konvensional.
10. Mengikuti Kelas Pemasaran
Jika tidak bisa melakukan sesuatu, atau ingin meningkatkan kemampuan, hal utama yang perlu dilakukan adalah belajar. Termasuk untuk menjadi ahli marketer yang andal. Saat ini ada banyak kelas pemasaran yang bisa diikuti, baik secara online maupun offline, gratis ataupun berbayar.
Tentu semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, pilih kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan demi bisa mewujudkan impian menjadi marketer andal.
Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang ahli pemasaran yang hebat dalam menjual berbagai jenis produk. Intinya, memang tidak ada yang mudah. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Jika kamu sudah paham benar bagaimana cara kerja marketing, semuanya akan senantiasa berjalan lancar.