HumasTGD - Sebuah organisasi atau perusahaan tanpa terkecuali termasuk juga kampus seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Triguna Dharma, kampus calon ahli IT masa depan sangat penting memiliki website sebagai identitas, dimana semua informasi, seperti teks, gambar, video, atau animasi tentang kampus terdapat di dalamnya. Website didesain dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bisnis, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Pengertian website sendiri adalah kumpulan halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain pada jaringan World Wide Web (WWW) di Internet.
Di era digital saat ini, internet menjadi salah satu sarana yang banyak digunakan untuk memudahkan berbagai kegiatan sehingga sudah seharusnya kampus mempunyai website. Jika tidak memilikinya tentu saja akan sangat disayangkan, mengingat website bisa menjadi media komunikasi yang sangat efektif antara pihak kampus dengan mahasiswa maupun dengan pihak luar seperti orang tua siswa, calon mahasiswa baru, instansi lain dan sebagainya. Apa peran website untuk kampus yang keberadaaannya tidak bisa digantikan oleh media sosial yang peranannya sebagai pendukung dan pelengkap website? Inilah 10 Peran webiste untuk branding perguruan tinggi?
1. Media dan Pemasaran Kampus.
Secara konvensional, kegiatan pemasaran kampus bertumpu pada kegiatan pameran pendidikan, open house dan presentasi; media outdoor, seperti billboard, spanduk dan umbul-umbul; media indoor, seperti poster, leaflet, brosur, katalog dan kalender; merchandise, seperti kaos, mug, pena; serta iklan di media cetak, radio atau televisi dan lain sebagainya. Namun, sejak internet populer digunakan kalangan kaum muda, maka kampus telah menggunakan situs web sebagai sarana promosi dan pemasarannya.
2. Memperkenalkan Profil dan Sejarah Kampus.
Semakin dikenal profil suatu kampus maka akan makin terkenal kampus tersebut. Sebuah kampus dan organisasi apapun tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil kampus adalah salah satu cara yang tepat dan inovatif.
3. Meningkatkan Visibilitas dan Reputasi.
Dengan tampilan website kampus yang profesional dan informatif, dapat meningkatkan visibilitas dan reputasi di mata masyarakat, calon mahasiswa, serta berbagai pihak berkepentingan. Website yang baik dapat memperkenalkan profil dan sejarah kampus, struktur organisasi, data-data Dosen, aktivitas dan prestasi serta segala yang dibutuhkan termasuk interaksi kepada masyarakat luas.
4. Memberikan Informasi dan Transparansi.
Website memiliki peran penting sebagai medium informasi yang mendetail mengenai berbagai aspek di kampus. Mulai dari program studi, fasilitas, biaya kuliah, jadwal, hingga kegiatan-kegiatan lainnya. Hal ini dapat menciptakan transparansi dan sangat membantu calon mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan. Website juga dapat memuat informasi kontak dan kotak komentar yang memudahkan komunikasi antara pengelola website dan pengunjung web.
5. Mempermudah Komunikasi.
Melalui website, masyarakat atau calon mahasiswa bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan sesama Dosen atau mahasiswa ketika ingin memberikan pengumuman, dengan relasi kampus yang lain, dengan calon mahasiswa baru dan sebagainya. Adanya kotak komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.
6. Mendatangkan Calon Mahasiswa Baru.
Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon mahasiswa baru dengan mengunjungi informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang tersedia. Banyak kampus yang bisa memanfaatkan website untuk menjaring calon mahasiswa dari luar daerah atau bahkan luar negeri yang dapat memantau promosi lewat website. Seperti yang diketahui, di persaingan sesama kampus dalam meraih mahasiswa baru, jjumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri.
7. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Kampus.
Lewat website, kampus bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya mengadakan workshop atau seminar, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Atau kampus menjuarai perlombaan tertentu, kampus dapat mempublikasikannya lewat website resmi kampus. Itu tidak salah mempublikasikan segala aktivitas kampus ke media sosial seperti facebook dan instagram, akan tetapi bila terlalu bergantung kepada kedua paltform ini apabila bermasalah maka hilanglah semua publikasi.
8. Branding.
Saat ini, membangun branding bukan hanya untuk sebuah produk saja tapi juga sangat penting bagi kampus karena kampus juga termasuk sebuah produk. Tentang branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri sesuai budaya kampus. Misal warna dan sebagainya. Untuk itu branding untuk menarik minat calon mahasiswa atau masyarakat luas juga kembali ditegaskan sangat penting. Media sosial bisa hilang sewaktu-waktu tetapi website tidak demikian. Dengan dijumpai kontak kampus melalui website, maka kontak kampus dengan mudah ditemui di media internet.
9. Menimbulkan Kesan Profesional.
Sebuah kampus yang memiliki website menarik, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari kampus yang belum memiliki website. Mahasiswa maupun calon mahasiswa pasti akan melihat dan mencari tahu terlebih dahulu tentang kampus melalui usaha berselancar di pencarian google.
10. Mencari Partner Perusahaan maupun Organisasi lain.
Banyak kampus yang mencari partner untuk saling bekerja sama. Misalnya bekerjasama dengan perusahaan, bank maupun kampus dari luar negeri. Sehingga dengan mempublikasikan keunggulan kampus lewat website yang dioptimalkan dengan bahasa asing, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi kampus. Dari website mungkin saja perusahaan, kampus lain dan pemerintah luar negeri mau bekerjasama dengan kampus.
Demikianlah 10 alasan mengapa kampus harus memiliki website. Website yang bagus dan tampil menarik yang memuat semua informasi yang dibutuhkan masyarakat atau calon mahasiswa yang ingin kuliah pasti diminati. Sudahkan mempromosikan kampus dengan cara organik melalui Search Engine Optimization (SEO) secara organik melalui Search Engine Marketing (SEM) untuk menjangkau calon mahasiswa baru? Bila belum lakukanlah.
Klik www.trigunadharma.ac.id untuk info lebih lanjut tentang penerimaan mahasiswa baru. Nikmati cash back Rp. 300 ribu dengan mendaftarkan diri secara online.