Hari Gini Masih Banyak Yang Tidak Tahu Apa itu Marketing Marketing itu Bukan Sales

Hari Gini Masih Banyak Yang Tidak Tahu Apa itu Marketing Marketing itu Bukan Sales

HumasTGD - Marketing adalah salah satu ujung tobak dri sebuah bisnis maupun perusahaan? Dengan melakukan strategi marketing yang tepat, maka bisnis akan memperoleh omset yang maksimal. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bisa memiliki strategi marketing sesuai dengan niche bisnisnya. Mungkin banyak yang bertanya-tanya terkait apa saja strategi yang dapat digunakan dan bagaimana cara menjadi marketing yang handal?

 

Jangan khawatir, karena di artikel ini akan membahas mengenai apa itu marketing dan berbagai strategi di dalamnya serta bagaimana cara menjadi marketing handal untuk bisa mendongkrak omset bisn Sebelum membahas lebih lanjut mengenai strategi marketing, mari pahami dulu mengenai definisi dari marketing itu sendiri. Jadi, marketing adalah sebuah upaya untuk memperkenalkan produk kepada para pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa cara, seperti promosi, distribusi, penjualan, dan juga strategi pengembangan produk itu sendiri.

 

Marketing memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Dapat dikatakan bahwa tidak akan ada bisnis yang sukses tanpa adanya upaya marketing yang tepat. Sebab, dengan adanya marketing, perusahaan atau bisnis bisa memperoleh beberapa manfaat penjualan meningkat, dapat menjadi jembatan untuk membangun hubungan baik dengan pelanngan, salah satu media untuk melakukan branding dan sarana untuk mengembangkan produk.

 

Di dalam praktiknya, marketing kerap kali dimulai dengan cara melakukan riset pasar dan juga analisa kebutuhan pelanggan sesuai dengan buyer persona mereka. Akan tetapi, meski keduanya adalah hal yang dapat terus dilakukan, namun juga harus terus menggunakan strategi marketing yang berbeda-beda sesuai dengan perkembangan zaman. Berikut ini adalah beberapa strategi marketing yang dapat digunakan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing:

 

1. Marketing Mix

 

Strategi marketing yang pertama adalah marketing mix. Strategi yang satu ini merupakan sebuah strategi marketing yang biasanya digunakan untuk mencapai suatu target tertentu. Marketing mix merupakan strategi marketing yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis, baik itu bisnis pemula ataupun bisnis yang sudah mulai berkembang. Pada dasarnya, marketing ini mempunyai tujuh elemen dasar yaitu, price, product, promotion, place, people, physical evidnece, dan process.

 

Untuk menggunakan strategi marketing ini, kita akan memulainya dengan merancang sebuah produk terbaik yang diperlukan oleh konsumen dan harus dipastikan bahwa harganya terjangkau. Selain itu kita juga perlu membuat produk yang bisa terus eksis dengan berbagai upaya promosi. Jadi intinya, ketujuh elemen di atas harus tetap kita terapkan supaya bisa memperoleh hasil marketing terbaik.

 

2. Marketing Viral

 

Jenis marketing yang satu ini merupakan strategi marketing yang dilakukan dengan cara memanfaatkan audiens untuk menyebarkan informasi tentang produk yang akan dipromosikan. Strategi marketing tersebut dapat menjadi pilihan untuk mendongkrak kepopuleran bisnis dalam jangka waktu yang cepat. Mengapa sebuah bisnis perlu menggunakan viral marketing? Karena strategi yang satu ini memiliki banyak sekali keunggulan. Pertama yaitu kita bisa menghemat biaya untuk promosi. Kemudian yang kedua, marketing ini akan menjangkau audiens yang lebih luas. Sehingga bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan brand awareness dengan efektif.

 

Dengan menggunakan strategi ini, kemungkinan besar produk yang dipromosikan akan diulas di berbagai media, karena keviralan tersebut. Lalu, bagaimana cara untuk memaksimalkan penggunaan dari strategi yang satu ini? Hal utama yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa kita harus memahami target audiens yang tepat sesuai dengan produk yang ditawarkan. Selain itu, ciptakan sebuah informasi yang berkualitas dan juga emosional. Supaya banyak orang yang mau membagikannya.

 

3. Guerilla Marketing

 

Guerilla marketing merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan dengan cara promosi unik dan berkesan di mata konsumen. Bahkan tidak jarang, strategi ini membuat konsumen terkejut dengan gebrakan baru yang dilakukan oleh suatu brand. Misalnya saja, aksi skydiving yang dilakukan untuk mempromosikan produk Red Bull. Lalu, mengapa sudah banyak bisnis yang menggunakan strategi marketing ini? Sebab, secara anggaran yang digunakan tergolong lebih hemat karena fokus promosi memang ada di kreatifitasnya.

 

Kemudian strategi marketing tersebut juga lebih mudah untuk dilakukan karena terkesan unik untuk dibangun. Lalu yang terakhir, marketing ini sangat berkesan bagi calon pelanggan yang menyaksikan aksi promosi produk tersebut. Untuk menerapkan guerilla marketing, perlu terus mencari ide kreatif untuk mengenalkan produk-produk yang akan dipromosikan. Selain itu, usahakan untuk memahami audiens supaya kesan yang dibangun menjadi lebih kuat. Kemudian, juga perlu membuat sebuah pesan singkat dan jelas mengenai promosi yang dilakukan.

 

4. Trend Marketing

 

Trend marketing merupakan strategi promosi produk yang dilakukan dengan cara mempelajari trend terbaru yang ada di masyarakat. Sebagai pemilik bisnis, sebaiknya tidak melewatkan untuk mencoba strategi marketing ini. Karena dengan adanya berbagai trend promosi yang terus berubah, penting untuk selalu memanfaatkan trend terbaru dalam mempromosikan produk bisnis.

 

Terdapat banyak sekali trend marketing yang sudah cukup populer sampai saat ini. Beberapa diantaranya yaitu penggunaan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan guna memahami keinginan konsumen. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan Google Voice Search. Tak hanya itu saja, ada juga Chatbot yaitu layanan live chat untuk para konsumen dengan menggunakan aplikasi yang dapat meningkatkan kecepatan interaksi dengan konsumen secara langsung.

 

5. Experiential Marketing

 

Experiential marketing merupakan strategi marketing yang dilakukan dengan cara mengajak para konsumen untuk merasakan pengalaman menggunakan produk. Strategi tersebut dianggap efektif karena konsumen diajak untuk mengetahui secara langsung kualitas produk yang ditawarkan. Terdapat lima jenis experiential marketing yang dapat dilakukan, mulai dari pameran produk, menggelar sebuah event, mengadakan seminar, berbagi pengalaman imersif melalui Virtual Reality, dan mempromosikan generated content.

 

Di dalam penerapannya, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menjalankan experiential marketing. Pertama yaitu menentukan tujuan promosi dengan jelas, seperti untuk membangun brand awareness atau lainnya. Kedua yaitu dengan membagikan pengalaman nyata yang tidak dibuat-buat. Ketiga yaitu meminta feedback dari para konsumen yang telah menggunakan produk.

 

6. E-mail Marketing

 

E-mail marketing adalah salah sara promosi digital yang bertujuan untuk menawarkan produk kepada calon pelanggan melalui email mereka. Mengapa strategi yang satu ini menarik untuk dilakukan? Tentu saja karena biaya yang diperlukan relatif kecil namun hasilnya maksimal, memiliki jangkauan yang luas dan diprediksi akan ada lebih banyak lagi orang mengecek email setiap harinya, lebih efektif dibandingkan dengan media sosial., lebih mudah menjangkau konsumen.

 

Sudah paham kan apa itu marketing? Bisa disebut upaya untuk menghasilkan profit bisa juga dikatakan sebagai suatu profesi. Namun yang pasti antara marketing dengan sales adalah dua hal berbeda. Tidak bisa marketing disebut sebagai tenaga penjual begitu pula sebaliknya, tetapi tenaga pemasar (marketer) dengan cakupan pekerjaan lebih luas dan terperinci