Agar Tidak Telat Ngantor, Atur Manajemen Waktu Dengan Baik dan Efektif. Berikut Caranya.

Agar Tidak Telat Ngantor, Atur Manajemen Waktu Dengan Baik dan Efektif. Berikut Caranya.

HumasTGD - Masing-masing individu pasti memiliki kesibukannya tersendiri bersama masalah pribadi yang selalu menyertainya yaitu telat datang ke kantor setiap pagi hari. Manajemen waktu adalah bentuk upaya yang bisa dilakukan guna membagi porsi waktu yang dipunya untuk masing-masing kegiatan. Manajemen waktu yang baik tentunya mampu membantu individu dalam mengelola dan menyelesaikan segala aktivitasnya tanpa ada masalah. Dengan kata lain, pengertian manajemen waktu adalah upaya menentukan skala prioritas waktu agar tetap efektif digunakan dalam keseharian.

 

Kemampuan manajemen waktu adalah solusi yang diperlukan jika akhir-akhir ini sering merasa kewalahan (overwhelmed) saat menjalani kewajiban maupun aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana sebenarnya cara mengatur management waktu tersebut? Ketika menerapkan strategi ini, maka akan tahu kegiatan mana yang menjadi prioritas sehingga harus menerima porsi waktu yang lebih banyak daripada lainnya.

 

Abraham Maslow menyampaikan bahwa konsep manajemen waktu adalah memahami seberapa penting elemen waktu yang kita punya dalam hidup serta menetapkannya untuk memenuhi kebutuhan. Sementara Forsyth menyampaikan pengertian manajemen waktu adalah cara untuk mengendalikan waktu sehingga bisa mencapai tingkat efektivitas dan produktivitas.

 

Dengan melakukan pengelolaan waktu yang baik, porsi 24 jam yang dipunya akan terbagi efektif sesuai skala prioritas kegiatan. Di samping itu, beberapa manfaat lain bisa didapatkan. Baca sejumlah manfaat manajemen waktu di bawah ini.

 

1. Hidup Teratur

 

Manajemen waktu adalah cara kita membagi waktu yang dimiliki. Dengan mengelompokkannya ke dalam skala-skala prioritas, hidup sehari-hari yang dilakukan akan lebih teratur. Sehingga dengan begin jadi tahu kapan harus mengerjakan pekerjaan rumah, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.

 

2. Disiplin

 

Dengan pembagian yang sudah ditentukan melalui pengelolaan waktu tersebut, juga akan terbiasa hidup disiplin. Memang, menyesuaikan melakukan kegiatan apa pada jam berapa pada awalnya terasa sulit untuk dilakukan. Namun dengan membiasakan dengan habit tersebut akan menuntun untuk hidup disiplin.

 

3. Meningkatkan Produktivitas

 

Berhubungan dengan kedisiplinan yang bisa didapatkan dalam keseharian Anda, produktivitas juga akan semakin meningkat. Dengan disiplin melakukan suatu kegiatan di jam-jam tertentu akan memudahkan untuk mengatur pengerjaan tugas lainnya.

 

4. Target Terpenuhi

 

Selanjutnya, manfaat manajemen waktu adalah target-target terpenuhi. Dengan produktivitas yang meningkat, artinya semakin banyak kewajiban yang terselesaikan. Sehingga goals yang sudah disusun di awal juga ikut terpenuhi.

 

5. Mengurangi Stres

 

Terpenuhinya target secara tidak langsung juga membantu untuk mengurangi stres. Bayangkan saja jika tidak melakukan pengaturan waktu dengan baik, pasti ada beberapa kebutuhan yang tanpa disadari terbengkalai begitu saja. Hal tersebut akan menimbulkan kecemasan tersendiri. Menghindari resiko yang diakibatkan dari kelalaian tersebut, manajemen waktu adalah upaya yang tepat untuk dilakukan.

 

Manfaat manajemen waktu apa saja? Iatilah time is money harusnya sudah bisa menjawab. Umumnya uang adalah salah satu keuntungan yang menjadi target utama. Berhubungan dengan peribahasa dan karakteristik umum tersebut, maka waktu adalah menjadi aspek krusial yang harus diperhatikan. Hampir sama dengan manfaat pengaturan waktu secara umum, sebuah perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dengan baik melalui cara tersebut.

 

Kerja tim akan semakin terorganisir, sehingga target projek yang direncanakan pada awal periode juga akan tercapai. Dengan kinerjanya yang efektif dan efisien tersebut, keuntungan yang didapatkan perusahaan berupa uang juga akan semakin banyak. Masih merasa sulit untuk memahami dan menerapkannya? Coba beberapa aplikasi manajemen waktu berikut untuk memberikan kemudahan. Yaitu, Rescue Time (website), Forest (aplikasi pada smartphone), Wunderlist (aplikasi pada smartphone), Clockify (software), Slack (website) dan DoCheck (aplikasi pada smartphone)

 

Tidak hanya teori, untuk merasakan manfaatnya, mungkin membutuhkan beberapa tips manajemen waktu di bawah ini.

 

1. Tentukan Skala Prioritas

 

Tips yang pertama adalah menentukan skala prioritas atau urutan kebutuhan mulai dari yang terpenting hingga kurang penting dalam kehidupan. Coba susun kegiatan dan kebutuhan apa yang membutuhkan perhatian lebih, sehingga porsi jam yang diberikan juga lebih banyak.

 

2. Membuat Jadwal atau Time Table

 

Menyusun skala prioritas saja tidak cukup jika tidak bisa menentukan berapa durasi yang harus diberikan dalam mengerjakan kesibukan tertentu. Oleh karena itu, coba buat jadwal atau time table agar bisa memonitor dengan baik target apa saja yang harus diraih dalam rentang waktu tertentu. Untuk membantu menyusun jadwal dengan mudah, dapat menggunakan to-do list app seperti DoCheck.

 

3. Disiplin dan Fokus

 

Langkah manajemen waktu akan percuma jika ttidak disiplin dan fokus dalam mengerjakannya. Tips ini mengajak untuk selalu sungguh-sungguh dan menaruh konsentrasi penuh dalam memenuhi target.

 

4. Istirahat

 

Kebiasaan disiplin mengerjakan sesuai jadwal pengaturan waktu memang baik, namun jangan lupa untuk memberi ruang jeda pada diri pribadi. Kerja terus menerus dinilai tidak akan menghasilkan output yang bagus.Dengan memberikan waktu istirahat, badan dan otak akan fresh kembali. Sehingga, tenaga yang diberikan selanjutnya akan lebih maksimal.

 

5. Konsisten menerapkan

 

Seluruh tips manajemen waktu yang sudah disebutkan akan sia-sia jika tidak ada nilai konsisten dalam diri sendiri. Dengan niat yang tidak berubah-ubah untuk mencapai target sesuai rencana, proses time management tidak akan tersendat. Sekarang sudah tahu tentang bagaimana pengelolaan waktu yang baik. Dengan menerapkannya sehari-hari, tidak akan kewalahan lagi antara kewajiban yang harus dilakukan di rumah hingga kantor dan tidak sering telat lagi ke kantor.

 

Demikianlah, semoga dengan menerapkan manajemen waktu dan mendisiplinkan diri untuk aktivitas sehari-hari, masalah pribadi seperti telat datang ke kantor setiap pagi tidak terjadi lagi.