HumasTGD - Ingat, beda pemasaran atau biasa disebut marketing dengan penjualan atau biasa disebut sales walau kedua-keduanya punya tujuan untuk peningkatan hasil atau omset. Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan menjaga dan meningkatkan omset perusahaan adalah merancang strategi bisnis mengenai bagaimana cara menarik pelanggan baru hingga mempertahankan yang lama.
Bukan hanya sekadar menjaga dan meningkatkan kualitas produk, sebab hal tersebut bukanlah satu-satunya cara menarik pelanggan agar membeli produk. Lantas, apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk memikat hati pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama untuk menunjang bisnis? Jawaban diperlukan strategi dan ide-ide gemilang dan kreatif. Tinggalkan cara-cara lama bila tak menghasilkan, buat strategi baru untuk hasil yang baru untuk menarik pelanggan agar tertarik.
Berikut 10 tips cara menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang dapat digunakan.
1. Maksimalkan Promosi Lewat Media Sosial.
Saat ini, hampir sebagian besar masyarakat pasti memiliki media sosial. Mari memaksimalkan peluang ini untuk melakukan promosi produk di media sosial sekaligus menarik pelanggan. Namun, bagaimana cara menarik pelanggan di media sosial? Manfaatkan berbagai layanan media sosial yang populer, seperti Instagram, Facebook, Youtube, TikTok, dan sebagainya. Bisa juga menjalin kerja sama dengan jasa influencer yang memiliki banyak followers. Pastikan telah memiliki akun media sosial khusus bisnis untuk menjual produk, agar calon pelanggan tahu secara mendalam.
2. Terapkan Banyak Strategi Marketing.
Cara menarik pelanggan melalui strategi marketing juga menjadi pilihan yang tepat. Pastikan memiliki strategi marketing yang kreatif dan inovatif. Alangkah lebih baik jika menggunakan banyak varian strategi marketing, seperti menyusun soft selling, membuat artikel SEO, dan promosi di website. Jangan hanya terpaku di satu cara saja, kembangkan dan optimalkan peluang dengan menerapkan banyak strategi marketing. Pelajari strategi-strategi yang lain, manfaatkan media sosial, dan utamakan kreativitas.
3. Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis yang Berkaitan
Cara menarik pelanggan selanjutnya adalah menggunakan strategi kolaborasi. Sekarang ini pun banyak yang memilih strategi kolaborasi karena dinilai lebih efektif dalam mengembangkan bisnis secara pesat. Kedua belah pihak mendapatkan untung dan dapat berkembang bersama-sama. Namun, harus berhati-hati dalam memilih partner kolaborasi, jangan sembarangan.
Wajib mempertimbangkan berbagai hal sebelum menjalin kolaborasi dengan suatu pihak, misalnya harus melihat kualitas produk yang mereka jual, bagaimana bisnisnya, serta keuntungannya. Dengan melakukan kolaborasi, maka dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.
4. Jalin Kerja Sama dengan Rekan Bisnis
Sulit rasanya ketika berbisnis tanpa partner. Dalam mengembangkan bisnis, perlu memiliki partner atau rekan yang tepat. Menjalin kerja sama dengan rekan bisnis dapat membuat ide bisnis semakin variatif dan kreatif. Jika ide bisnis semakin kreatif dan variatif, maka strategi cara menarik pelanggan akan terpenuhi pula. Pastikan Anda membangun kepercayaan dengan rekan bisnis, agar dapat menjalin kerja sama secara positif dan sesuai visi misi.
5. Hadirkan Penawaran Menarik seperti Diskon dan Giveaway
Cara menarik pelanggan yang patut dicoba salah satunya adalah memberikan diskon atau potomgan harga atau giveaway. Penawaran ini dapat menjadi cara menarik pelanggan agar membeli produk. Namun, perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memberi diskon, agar tetap mendapatkan keuntungan besar.
Selain diskon, juga bisa memberi giveaway pada pelanggan. Pelanggan sangat antusias dengan hal-hal gratis sehingga apabila memberikan giveaway yang menarik, maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak yang tertarik. Promosikan penawaran diskon dan giveaway di berbagai macam media sosial, agar dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan.
6. Mengadakan Kompetisi Berhadiah
Cara selanjutnya yang dapat dicoba adalah mengadakan kompetisi berhadiah. Berikan hadiah menarik, agar banyak calon pelanggan baru yang tertarik untuk ikut serta dalam kompetisi. Jenis kompetisi yang diadakan bisa bermacam-macam, seperti blogging, lomba membuat konten tiktok, atau lomba fotografi. Kompetisi ini juga menjadi sarana promosi yang dapat dioptimalkan dalam menarik calon pelanggan baru. Promosi dipadukan dengan strategi soft selling agar mendapatkan hasil yang optimal dan efektif.
7. Lakukan Inovasi Produk
Selanjutnya adalah melakukan inovasi produk, yaitu meningkatkan kualitas serta membuat produk baru yang dibutuhkan pelanggan. Kebutuhan tiap pelanggan pasti berbeda, oleh sebab itu, hadirkan varian produk yang baru agar jangkauan semakin luas. Kreasikan produk secara inovatif, kreatif, dan tetap memperhatikan kualitas. Selain cara menarik orang-orang baru, juga tetap harus memperhatikan pelanggan lama. Sebab, cara mempertahankan sama pentingnya ketika ingin mendapatkan pelanggan baru. Dalam hal ini, lakukan survei untuk mengetahui bagaimana kebutuhan pelanggan saat ini.
8. Meningkatkan Customer Experience.
Kepuasan pelanggan harus dioptimalkan, tidak hanya customer service saja. Penting sekali memperhatikan customer experience, agar pelanggan puas dan melakukan order berulang kali. Biasanya bila sudan loyal mana pelanggan akan membantu mempromosikan. Terima kritik dan saran dari pelanggan, karena hal tersebut sangat penting dalam memberikan kesan customer experience. Ingat, harus selalu konsisten, kreatif, dan inovatif dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan.
9. Membuat Program Berlangganan atau Loyalitas
Program loyalitas merupakan daya pemikat bagi pelanggan untuk tetap mempercayai bisnis. Program ini merupakan salah satu cara menarik pelanggan agar tertarik membeli produk. Program berlangganan tentu dapat mendorong pelanggan membeli produk secara berulang (repeat order). Selain itu, program berlangganan juga menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan customer experience.
10. Memberikan Pelayanan yang Cepat dan Tepat
Ketika telah mendapatkan solusi atas cara menarik pelanggan baru dan cara mempertahankan pelanggan lama, maka langkah berikutnya adalah mengoptimalkan pelayanan. Harus memberikan pelayanan yang cepat, tanggap, tepat, dan ramah untuk meningkatkan customer experience. Pelanggan akan merasa puas dan percaya ketika diberikan pelayanan yang optimal.
Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara menarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan lama agar membeli produk secara lengkap. Nah, jika bisnis ingin mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk, maka perhatikan beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas dan semoga artikel ini bermanfaat