HumasTGD - Belakangan ini, soft skill bagi Mahasiswa menjadi salah satu sorotan dalam dunia akademik maupun dunia kerja, mengapa? Karena soft skill dianggap sebagai faktor utama penentu keberhasilan seseorang di masa depan. Sekalipun demikian, bukan berarti Mahasiswa mengabaikan hard skill. Untuk memperjelas hal tersebut, simak deh ilustrasi berikut.
Jadi, ada 2 orang fresh graduate dari universitas dan jurusan yang sama melamar kerja di perusahaan yang sama pula. Lantas, karena mereka berdua dianggap berkompeten berdasarkan nilai dan hasil tes, maka mereka berdua diterima. Namun, seiring berjalannya waktu, karier si A mandek di situ-situ aja, sementara si B sudah dipromosikan sebagai manajer. Untuk mendapatkan promosi manajer, tentunya pimpinan menilai berbagai kompetensi yang dimiliki karyawannya. Si B rupanya memiliki banyak soft skill yang tidak dimiliki si A yang membuat pimpinan lebih yakin mengangkat si B menjadi manajer.
Ilustrasi di atas bukan sebatas tulisan yang tidak berdasar. Hal senada diungkapkan juga oleh Elon Musk yang merupakan CEO SpaceX dan Tesla. Dalam merekrut karyawan, Elon Musk tidak menentukan gelar tertentu bagi siapapun yang ingin bergabung di perusahaannya. Akan tetapi, dia mencari karyawan yang memiliki kepribadian positif dan itu adalah soft skill.
Apa Itu Soft Skill? Soft skill adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan, komunikasi, dan kecerdasan sosial. Ada juga yang menjelaskan soft skill sebagai suatu keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan dalam mengatur diri sendiri yang bisa berdampak pada peningkatan performance seseorang di dunia kerja.
Jadi, pada dasarnya soft skill itu adalah keterampilan, bukan pengetahuan yang hanya sekedar dipelajari. Sederet keterampilan yang kamu miliki akan membangun identitas diri dan membuatmu lebih mampu menguasai keadaan di mana pun kamu berada. Beberapa soft skill yang harus dimiliki mahasiswa antara lain sebagai berikut:
1. Problem Solving
Kemampuan problem solving atau menyelesaikan masalah pada dasarnya merupakan kemampuan yang setiap orang harus memilikinya. Namun, pada kenyataannya, masih banyak Mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan ini bahkan di usia dewasa sekalipun. Kemampuan menyelesaikan masalah bukan berarti lari dari masalah.
Menyelesaikan masalah artinya mampu mendeteksi penyebab permasalahan dan menemukan solusi yang paling tepat dan efisien agar segera terselesaikan tanpa menimbulkan dampak yang berarti. Skill ini akan sangat membantu di dunia kerja ketika kamu dihadapkan dengan suatu masalah. Jika kamu sudah memiliki kemampuan ini, kamu tidak akan merasa terbebani dan tetap bisa berkolaborasi secara maksimal dengan rekan kerja.
2. Public Speaking
Soft skill lain yang harus dimiliki Mahasiswa dan nantinya akan terpakai di dunia kerja adalah public speaking. Kalau jadi karyawan apakah wajib punya public speaking skill juga? Jangan salah! Sekalipun masih berstatus staf biasa, akan ada waktu nantinya diminta mempresentasikan sesuatu, entah itu laporan mingguan ataupun hal lain yang ditugaskan.
Karyawan harus memanfaatkan kesempatan itu dengan menggunakan kemampuan public speaking yang baik, sebab saat berbicara pastinya menjadi pusat perhatian banyak orang. Kalau bisa membawakannya dengan baik, tentunya akan menjadi nilai plus.
3. Leadership
Keterampilan leadership atau kepemimpinan akan membuat seorang Karyawan mampu bekerja secara mandiri dan mengambil keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika karyawan mampu bekerja dengan pengawasan yang minim, artinya akan dianggap sudah profesional pada bidang tersebut.
4. Etika Kerja
Jagalah etika di mana pun berada.Tentunya istilah ini pernah diketahui, diingatkan dan didengar. Etika yang ditunjukkan akan menjadi dasar penilaian orang lain. Etika yang baik akan membuat disenangi banyak orang dan etika buruk akan membuat dijauhi. Di dunia kerja, tidak akan mendapatkan tempat jika memiliki etika kerja yang buruk.
5. Adaptasi Sekalipun kesannya sepele tetapi kemampuan adaptasi itu sangat penting. Saat bekerja di suatu perusahaan setelah lulus nanti, Mahasiswa bukan tidak mungkin akan mengalami pertukaran divisi, pergantian atasan, maupun kenaikan jabatan. Ketika terjadi perubahan tersebut, tentunya skema kerja atau proses kerja akan terdampak.
Tidak mungkin bertahan dengan skema kerja yang selama ini dijalankan dengan alasan kenyamanan ketika atasan menghendaki perubahan skema. Oleh sebab itu, sebisa mungkin harus mampu beradaptasi dengan skema kerja tersebut. Kemampuan adaptasi ini akan turut berdampak juga pada skill lainnya seperti komunikasi dan fleksibilitas.
6. Time Management
Time management skill adalah kemampuan merencanakan dan mengontrol penggunaan waktu atas suatu pekerjaan atau aktivitas tertentu dengan tujuan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan efektivitas. Skill ini sangat membantu untuk menyelesaikan tugas lebih banyak dengan hasil yang sesuai harapan.
7. Critical Thinking
Skill berikutnya yang tidak kalah penting untuk dikuasai Mahasiswa adalah critical thinking. Ini adalah kemampuan berpikir logis, rasional dan terstruktur terhadap suatu persoalan atau informasi yang diterima. Keterampilan ini membuat mampu mengolah dan mengevaluasi semua informasi yang diterima dengan jernih dan objektif sehingga bisa memberikan respon yang tepat atas informasi tersebut.
8. Networking
Networking sangatlah bermanfaat dalam menunjang pekerjaan maupun dalam membangun karier. Orang-orang yang ada dalam jaringan adalah aset pribadi yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan. Misal, mengalami kendala dalam pekerjaan dan butuh solusi tambahan, maka bisa memanfaatkan jaringan untuk mengajak diskusi. Mengingat pentingnya networking, maka investasikanlah sebagian waktu untuk membangunnya.
9. Berpikir Kreatif dan Inovatif
Saat di perkuliahan Mahasiswa akan dituntut untuk membuat inovasi produk dalam bentuk karya ilmiah berupa PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Biasanya program ini ditujukan untuk meningkatkan mutu akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri. Oleh karena itu, kemampuan berpikir tersebut sangatlah penting untuk bekal menjadi mahasiswa. Dan ini nantinya sangat berguna saat bekerja.
10. Bekerja Dalam Tim (Teamwork)
Umumnya saat di bangku kuliah Mahasiswa akan menerima banyak sekali tugas atau project yang melibatkan tim atau kelompok. Bahkan bisa jadi dalam satu semester bisa mempunyai beberapa tim yang berbeda untuk mata kuliah yang berbeda-beda pula. Kenapa softskill ini harus dimiliki Mahasiswa sebab ketika bekerja, tak mungkin kerja sendiri sebab melibatkan banyak orang di masing-masing divisi atau depan.
Nah, itulah beberapa soft skill yang harus dimiliki Mahasiswa. Jika merasa belum memiliki skill tersebut, maka manfaatkanlah waktu selama kuliah untuk melatih semuanya. Bukan tidak mungkin bisa memiliki skill tersebut sebelum lulus kuliah, sehingga bisa berproses lebih baik ketika memasuki dunia kerja.
Penulis: Yan Djuna, Head of marketing