10 Cara Marketing yang Baik Untuk Meningkatkan Penjualan Mencapai Target

10 Cara Marketing yang Baik Untuk Meningkatkan Penjualan Mencapai Target

HumasTGD - Zaman sudah modern dan cenderung canggih, tapi masih banyak yang salah mengartikan marketing atau pemasaran adalah penjualan atau sales. Padahal dari kata-kata dan artinya jelas berbeda. Ingin mengetahui apa itu marketing dan bagaimana cara marketing yang baik dapat membuat produk dikenal oleh masyarakat dan juga meningkatkan jumlah pelanggan.

 

Seperti diketahui, marketing adalah salah satu komponen penting untuk menentukan seberapa baik performa suatu perusahaan. Dengan memilih teknik marketing yang tepat, dapat memperbesar potensi omset dan juga kesuksesan bisnis. Lalu, bagaimana cara marketing yang baik dan benar? Simak penjelasan lengkapnya tapi pahami terlebih dahulu apa itu strategi marketing?

 

Strategi marketing adalah usaha untuk memasarkan produk, barang, atau jasa dengan cara tertentu agar lebih dikenal oleh masyarakat dan penjualannya meningkat. Sederhananya, marketing merupakan serangkaian upaya atau strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencapai target tertentu. Apakah tujuan strategi marketing? Sebelum mengetahui cara marketing yang baik, perlu memahami tujuan utama dari menyusun strategi pemasaran, di antaranya yaitu:

 

1. Meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Hal ini bertujuan agar setiap anggota dapat bekerja sama dengan baik, efektif, serta efisien. Masing-masing tim siap dengan perubahan dan masukan yang diberikan bukan gelas penuh tapi gelas kosong kepada pimpinan.

 

2. Sebagai tolok ukur hasil pemasaran berdasarkan standar yang diterapkan. Jika tidak memiliki pembukuan yang jelas, maka perusahaan akan kesulitan mengetahui nilai penjualan.

 

3. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran. Dunia pasar yang dinamis membutuhkan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor.

 

4. Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan berdasarkan data hasil penjualan.

 

5. Cara marketing yang baik untuk meningkatkan penjualan, selain menjaga kualitas produk, beberapa cara marketing yang baik juga dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan serta meningkatkan penjualan.

 

Berikut ini cara marketing yang baik dan efektif untuk diterapkan pada bisnis, di antaranya:

 

1. Mengetahui Target Pasar

 

Sebelum menerapkan cara marketing yang baik dan benar, Anda harus mengenal serta menguasai target pasar terlebih dahulu. Semakin spesifik target pasar yang ditentukan, akan semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

 

2. Menetapkan Harga dengan Tepat

 

Menetapkan harga produk dan menyesuaikannya dengan kualitas di pasaran merupakan cara marketing yang baik. Menetapkan harga yang murah tentu akan menarik banyak pelanggan, namun mereka juga akan mempertimbangkan kualitasnya. Maka dari itu, jangan ragu untuk memasang harga tinggi jika memang kualitas produk yang ditawarkan terjamin.

 

3. Memilih Tempat Strategis.

 

Memilih tempat strategis merupakan cara marketing yang baik dan perlu dipertimbangkan secara matang. Pemilihan tempat yang strategis harus menyesuaikan dengan target pasar serta kemudahan konsumen untuk menjangkaunya. Sebagai contoh, membuka usaha untuk memenuhi kebutuhan anak kos, maka harus memilih tempat yang berada di sekitar area universitas atau perkantoran.

 

4. Mengoptimalkan Strategi Marketing di Media Sosial

 

Cara marketing yang baik dan efektif selanjutnya adalah melalui media sosial untuk menjangkau audience secara luas. Pemasaran di media sosial dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau dan akan menghasilkan visibilitas sangat luas, sehingga berpotensi meningkatkan nilai penjualan sekaligus jumlah pelanggan. Lakukan pemasaran di media sosial, seperti Instagram. Twitter, TikTok, Facebook, dan lainnya. Sesuaikan penggunaan platform dengan produk yang ditawarkan.

 

5. Menawarkan Produk Secara Gratis.

 

Teknik yang satu ini dianggap sebagai salah satu cara marketing yang baik dan efektif untuk menarik banyak konsumen. Seringkali seseorang belum membeli produk karena masih ragu atau belum pernah mencoba. Nah dalam hal ini, menawarkan produk secara gratis akan menarik minat calon konsumen dan meningkatkan rasa ingin tahu mereka.

 

6. Memberi Insentif untuk Rekomendasi.

 

Dalam melakukan strategi pemasaran, ttentu akan membutuhkan jasa dari pihak ketiga, seperti reseller, distributor, maupun Key Opinion Leader (KOL), Pihak tersebut harus diberikan insentif karena telah berhasil memperluas jaringan bisnis. Selain itu, insentif juga dapat diberikan kepada konsumen yang membeli produk dalam jumlah banyak. Tentunya, hal itu akan membuat mereka merasa dihargai. Hasilnya, akan terjalin ikatan emosional antara konsumen dengan penjual dan besar kemungkinan mereka akan menjadi loyal customer.

 

7. Memberikan Diskon untuk Pelanggan

 

Cara marketing yang baik juga dapat dilakukan dengan memberikan diskon untuk pelanggan agar mereka lebih tertarik untuk kembali membeli produk. Diskon khusus untuk pelanggan tersebut akan membuat mereka merasa diapresiasi. Selain itu, memiliki pelanggan yang melakukan pembelian berulang tentu akan memberikan keuntungan lebih banyak.

 

8. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan.

 

Pelanggan yang loyal merupakan aset penting untuk perusahaan. Itulah sebabnya, jika tidak ingin kehilangan mereka, dapat memberikan penghargaan kepada konsumen tersebut. Selain itu juga dapat mendengarkan kritik dan saran agar mereka merasa terlibat dalam perkembangan serta inovasi produk.

 

9. Memanfaatkan Teknik Word of Mouth Teknik pemasaran juga dapat dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut. Cara ini diterapkan dengan berkomunikasi secara tatap muka dengan konsumen. Apabila produk tersebut berhasil menarik minat konsumen, maka mereka akan memberitahukan kepada teman atau rekannya yang berpotensi untuk turut membeli.

 

10. Pelajari Product Knowledge Dengan Seksama. Dari semua cara, hal ini menjadi yang utama, karena bila tak paham product knowledge maka akan berakibat buruk dalam hal penyampaian informasi terkait produk yang dihasilkan dan diharapkan terjual. Pelajari dan kuasai produk dengan seksama agar ada jawaban disaat pelanggan bertanya. Demikian 10 cara marketing yang bisa dipertimbangkan untuk dipelajari dan membantu. Ini sangat dibutuhkan oleh setiap bisnis agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas dan memperoleh banyak pelanggan